Beranda Lampu Downlight Cara Memasang Lampu Downlight

Cara Memasang Lampu Downlight

Selain mengatur warna dan furnitur di dalam ruangan, perlu juga mengatur penataan pencahayaan. Lalu bagaimana Cara Memasang Lampu Downlight

Apakah Anda memiliki rumah dengan ruang terbatas? Selain mengatur warna dan furnitur di dalam ruangan, perlu juga mengatur penataan pencahayaan yang tepat agar ruangan terlihat lebih luas. Lalu bagaimana Cara Memasang Lampu Downlight.

Baik itu alami atau buatan, cahaya terang akan menciptakan perasaan terbuka yang pasti akan membuat ruangan terasa lebih luas. Salah satu opsi pencahayaan buatan yang bisa Anda pilih adalah memasang downlight.

Cara Memasang Lampu Downlight

Lampu downlight seperti ini sering di gunakan sebagai penerangan utama di dalam rumah atau sebagai penerangan sekitar. Keuntungan menggunakannya adalah pemasangan lampu ini tersembunyi di dinding atau langit-langit.

Sehingga tidak membutuhkan ruang tambahan dan dapat membuat rumah terlihat lebih luas. Sebelum memasang lampu downlight, mari kita simak tips dan cara menginstalnya berikut ini.

Pilih Jenis Lampu LED

Lampu yang paling di rekomendasikan untuk downlight ini adalah Jenis Lampu LED. Lampu LED juga memberikan kesan lebar dengan daya maksimal dan sangat mudah di pasang tanpa memerlukan penyesuaian yang rumit.

Lebih baik lagi, lampu ini memiliki beberapa tingkat cahaya yang dapat di sesuaikan dari ruangan ke ruangan. Lampu LED juga bisa menjadi solusi untuk mengurangi tagihan listrik Anda karena di gunakan dengan sangat efisien.

Atur Penataan Cahaya

Satu pencahayaan saja tidak cukup untuk membuat ruangan terlihat lebih besar. Hal ini di karenakan cahaya dari lampu hanya akan terfokus pada satu area ruangan saja, sehingga efek yang di hasilkan justru akan membuat ruangan menjadi penuh.

Coba pasang beberapa lampu down dengan pola yang rata. Cahaya yang menyebar ini akan membuat ruangan tampak lebih besar. Anda dapat membuat skema pencahayaan ke bawah yang berbeda antara lampu langit-langit dan lampu dinding.

Hasil dari kombinasi ini, seluruh area ruangan akan menjadi lebih terang dan tidak akan ada lagi bintik hitam yang membuat ruangan menjadi sempit. Baca Juga: Ide Desain Lampu Kamar Tidur Minimalis

Arahkan Lampu Menghadap Dinding

Teknik ini dapat dengan mudah di capai dengan membuat titik fokus untuk beberapa fungsi di dalam ruangan. Salah satu caranya adalah dengan mengarahkan cahaya ke dinding, sehingga distribusi cahaya secara merata di sepanjang dinding dan koridor yang sempit.

Pendekatan ini dapat menciptakan ilusi ruang yang lebih besar. Anda juga dapat menggunakan teknik ini untuk menampilkan dekorasi ruangan yang menarik seperti lukisan, kolase foto, dan lainnya.

Tentukan pemangkasan yang tepat

Trim adalah porsi cahaya yang muncul di dalam ruangan, yang menentukan seberapa besar diameter lubang yang dibutuhkan untuk memasang lampu tersebut. Cladding downlight ini terbagi menjadi beberapa desain yang bisa di sesuaikan dengan tipe rumah, seperti gaya Eropa, minimalis, dll.

Hasil akhir ini merupakan kombinasi dari reflektor terarah dan kap lampu yang menyinari langsung ke dinding. Misalnya, teknologi cuci dinding memiliki lapisan khusus yang di sebut pelapis dinding.

Baca juga: Rekomendasi Lampu Gantung Hias Ruang Tamu

Pasang Downlight Di Sudut Ruangan

Agar ruangan terlihat lebih luas, Anda juga harus memperhatikan pencahayaan di seluruh sudut ruangan. Pencahayaan yang biasanya terkonsentrasi hanya di bagian tengah ruangan saja.

Hal ini bisa membuat sudut-sudut ruangan menjadi gelap dan membuat ruangan terasa sempit. Memasang downlight yang merata di seluruh sudut ruangan akan membuat ruangan tampak lebih besar.

Gunakan teknik penggembalaan

Teknik penggembalaan di rancang untuk menonjolkan tekstur dinding lampu downlight. Teknik ini cocok untuk mereka yang dindingnya terbuat dari batu bata, marmer, kayu, dll.

Di bandingkan dengan teknik cuci dinding, pada teknik ini jarak antara lampu dengan braket dinding lebih dekat. Teknik ini juga memungkinkan berbagai jenis pencahayaan bawah, seperti pencahayaan tersembunyi.

Cari Sudut Yang Kurang Cahaya

Untuk memasang downlight pada sebuah ruangan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan pencahayaan ruangan tersebut. Jangan menambahkan terlalu banyak atau bahkan terlalu sedikit setelah pencahayaan di pasang.

Pertimbangkan juga fungsi ruangan untuk menentukan jumlah lampu. Siapa sangka ruangan bisa di buat lebih luas dan terang, asalkan downlight di pasang dengan benar. Ayo coba!

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan