Beranda Tips Dan Info Cara Memasang Instalasi Lampu Taman

Cara Memasang Instalasi Lampu Taman

“Panduan praktis memasang instalasi lampu taman dengan langkah-langkah jelas dan sederhana. Pelajari cara instalasi yang efisien untuk menciptakan pencahayaan yang indah dan fungsional di taman Anda.”

Keberadaan lampu taman mungkin terlihat sepele. Namun kalau di lihat dari fungsi lampu di taman dapat menciptakan berbagai keamanan dan suasana menarik pada taman Anda. Lalu bagaimana Cara Memasang Instalasi Lampu Taman.

Mendesain tata kelola lampu taman membutuhkan kejelian dalam pemilihan yang tepat. Keahlian khusus tak terlalu di butuhkan, kecuali Anda menata lampu taman dengan tingkat kesulitan tinggi, karena ini berhubungan dengan listrik.

Di sebut sulit, jika jumlah titik lampu sangat banyak, atau karena taman sangat luas dan banyak sudut-sudut yang ingin di beri penerangan. Untuk taman kecil, tata lampu taman bisa di kerjakan sendiri dengan instansi seadanya.

Baca juga : Cara Memilih Lampu Sorot Untuk Taman

Cara Memasang Instalasi Lampu Taman

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Tentukan lokasi titik-titik lampu yang ingin Anda pasang di taman Anda. Anda dapat memilih lampu yang tahan air dan sesuai dengan gaya taman Anda.
  2. Buat alur instalasi kabel listrik dari stopkontak terdekat ke lokasi titik-titik lampu. Sebaiknya alur instalasi kabel itu merapat ke tembok untuk memperkecil kemungkinan kabel terkena cangkul atau benda tajam lainnya saat perawatan atau renovasi taman.
  3. Gali tanah sesuai alur instalasi kabel listrik. Kedalaman galian sekitar 20 cm.
  4. Potong panjang pipa PVC sesuai alur yang ada. Warnai pipa dengan cat besi agar tidak mencolok di taman Anda.
  5. Masukkan kabel ke dalam pipa dan tanam di dalam tanah. Pastikan kabel tidak kusut atau terputus di dalam pipa.
  6. Hubungkan bagian ujung kabel ke rumah lampu, sedangkan ujung yang lainnya ke stopkontak. Gunakan terminal penghubung kabel dan isolasi untuk mengamankan sambungan kabel.
  7. Cek dan uji coba lampu apakah menyala atau tidak. Rapikan sisa-sisa pemotongan pipa, kabel, dan tanah.

Untuk kepentingan Cara Memasang Instalasi Lampu Taman luar ruangan, pergunakan lampu dan rumah lampu dengan spesifikasi water resistant atau anti air. Jenis lampunya bisaled strip, pijar atau pendar. Lampu dan rumah lampu berspesifikasi luar ruangan biasanya di buat khusus, sehingga tahan terhadap cipratan air dan tak mudah korsleting listrik.

Perangkat lampu taman ada yang bervoltase rendah (+ 12 volt) dan voltase tinggi (+ 220volt). Pilihan terbaik tergantung dari jenis keinginan dan kebutuhan. Demi keamanan, sebaiknya pilih perangkat lampu taman yang mempunyai voltase rendah. Ini untuk mencegah kecelakaan fatal seandainya ada arus listrik yang bocor seperti kesetrum atau kebakaran.

Baca juga : Rekomendasi Lampu Sorot Untuk Taman

Pilih kabel yang tepat karena jenis kabel penting berkaitan dengan pasokan voltase energi listrik. Semakin panjang kabel, peluang penurunan voltase. Untuk taman yang tidak terlalu luas dengan jumlah titik lampu sedikit, anda dapat menggunakan kabel serabut atau kawat berukuran 1mm2. Sedangkan taman luas pergunakan kabel kawat berukuran 1,5mm2.

Lengkap sudah artikel tentang Cara Memasang Instalasi Lampu Taman, saya harapkan artikel ini dapat membantu anda dalam mencari cara memasang kampu di taman rumaha anda.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan