Beranda Tips Dan Info Apa Itu Pengertian Smart Home System

Apa Itu Pengertian Smart Home System

Berbagai aktivitas yang awalnya tampak seperti mimpi, kini dapat di aktifkan dengan suara. Lalu Apa Itu Pengertian Smart Home System

Dengan munculnya smartphone dan prevalensi teknologi IoT, rumah pintar semakin menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari selama beberapa dekade terakhir. Berbagai aktivitas yang awalnya tampak seperti mimpi, seperti kontrol lampu yang bisa di aktifkan dengan suara. Lalu Apa Itu Pengertian Smart Home System sebenarnya.

Smart home system kini menjadi kenyataan bagi banyak orang berkat IoT dan teknologi rumah pintar (lebih di kenal dengan rumah pintar IoT). Tidak hanya itu, banyak perangkat rumah yang di dukung oleh teknologi IoT, seperti termostat, lemari es, sistem keamanan, dan lainnya akan di tambahkan dengan kemampuan yang lebih cerdas di masa mendatang.

Dari perkembangan perumahan umum hingga munculnya rumah pintar
Dengan hadirnya listrik, semua pekerjaan rumah tangga seperti mencuci pakaian, mencuci piring, dan menyedot debu lantai tidak lagi menjadi masalah.

Kemudian, ketika transistor membuat elektronik lebih terjangkau pada pertengahan abad ke-20, perangkat mulai mengatur sendiri dengan cara yang sangat terbatas menggunakan sensor dan pemrogram tertanam.

Namun di abad ke-21, visi rumah pintar yang sepenuhnya otomatis menjadi kenyataan. Berkat internet, kita dapat dengan mudah mengontrol hampir semua perangkat listrik di rumah kita. Dapat di kelola dari browser web apa pun.

Apa Itu Pengertian Smart Home System

Rumah pintar adalah rumah di mana berbagai perangkat listrik dan elektronik terhubung ke sistem kontrol komputer pusat sehingga dapat di hidupkan dan di matikan pada waktu tertentu. Seperti Pemanas menyala secara otomatis pada pukul 6 pagi atau cahaya dapat di atur sesuai keinginan.

“Internet of Things” adalah istilah umum yang di gunakan untuk semua teknologi yang memungkinkan perangkat terhubung ke Internet. Namun, pada akhirnya, istilah ini sering di gunakan untuk mendefinisikan komunikasi antara perangkat pintar tanpa campur tangan manusia.

Anggap saja sebagai percakapan antara perangkat pintar. Ini bertindak sebagai hub audio pusat yang mengontrol termostat, lampu, sistem suara, TV, dan lainnya. Mengintegrasikan teknologi IoT ke dalam rumah pintar menciptakan apa yang di sebut rumah pintar IoT.

Teknologi ini menggabungkan sistem kontrol suara yang terdiri dari teknologi terintegrasi yang bekerja sama untuk membuat hidup Anda lebih efisien. Perkembangan teknologi rumah pintar yang berkelanjutan semakin meningkat berarti bahwa IoT akan terus membentuk kehidupan kita di tahun-tahun mendatang.

Ini adalah cara yang bagus untuk mencoba teknologi ini untuk menghemat waktu, energi, dan meningkatkan kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Jika Anda ingin mencoba teknologi ini carilah jasa yang menawarkan banyak produk smart home unggulan.

Bagaimana Smart Home Bekerja

Teknologi sistem rumah pintar di pandang sebagai teknologi era baru dengan berbagai kecanggihan baru yang belum pernah ada sebelumnya dalam konsep hunian. Sistem rumah pintar dapat di artikan sebagai rumah yang di lengkapi dengan teknologi canggih sehingga semua perangkat dan sistem tersebut dapat saling terhubung.

Artinya, sebagai pemilik, Anda dapat mengontrol perangkat (perangkat dan perlengkapan) dari jarak jauh atau jarak jauh di rumah Anda. Meski smart home di perkenalkan pada awal tahun 2000-an, smart home di indonesia baru belakangan ini mendapat perhatian publik.

Baca juga : Apa Itu Smart Lighting

Sistem rumah pintar adalah sistem kontrol otomasi rumah yang terintegrasi dengan teknologi tingkat tinggi, sistem otomasi rumah yang memungkinkan Anda mengontrol berbagai aspek rumah Anda dengan satu perangkat.

Aspek hunian yang dapat di sesuaikan dengan teknologi smart home antara lain mengatur pengaturan pencahayaan, pengaturan fasilitas medis, pengaturan kamar mandi, pengaturan iklim, pengaturan entertainment, dan aspek keamanan seperti pengaturan sistem alarm, mulai dari pengaturan home furnishing yang berbeda-beda.

Rumah pintar sangat bagus untuk orang yang mobile dan aktif. Kegiatan di luar ruangan dapat membuat Anda jauh dari rumah. Namun berkat teknologi sistem smart home, kini kita dapat mengontrol setiap perangkat di rumah kita dari jarak jauh.

Misalnya, Anda bisa menyalakan lampu di seluruh rumah pada malam hari. Anda juga dapat mengatur tingkat pencahayaan yang Anda inginkan. Tentu saja, hal ini membantu Anda menghemat biaya tagihan listrik karena penggunaan lampu lebih efisien dan ekonomis.

Komentar
Bagikan:

Iklan